Fungsi & Manfaat Packaging Makanan, Kemasan Makanan dan Dus Makanan – Di zaman sekarang ini kebutuhan akan kemasan dan supplier toko plastik saat ini menjadi sebuah keharusan di kalangan masyarakat dan para pebisnis kuliner atau pemilik usaha kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak, packaging kemasan makanan kini menjadi salah satu strategi utama dalam pemasaran suatu produk.
Para pebisnis kuliner berlomba menciptakan berbagai manfaat Dus Makanan dan kemasan makanan atau produk menarik untuk bersaing mendapatkan para pelanggan. Design Kemasan yang bagus tentunya akan menarik minat para konsumen untuk membeli
Desain kemasan menjadi salah satu bagian yang paling penting, khususnya elemen – elemen di dalam desain kemasan tersebut seperti pemilihan warna, keunikan logo, bentuk kemasan dan berbagai elemen lainnya.
Pengemasan sendiri ialah sebuah metode yang diciptakan untuk menyiapkan produk supaya siap untuk ditransportasikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Disamping itu, pengemasan juga berfungsi untuk menyimpan suatu hasil pengolahan, ataupun produk industri supaya mempunyai bentuk yang bisa memudahkan proses penyimpanan, pengiriman, serta distribusi kepada para konsumen.
Nah, apabila dilihat dari segi pemasarannya, kemasan dari suatu produk akan sangat berperan penting, dan menjadi elemen utama yang wajib diperiksa lagi bagi para produsen.
Selain dapat menambah keinginan para konsumen untuk membelinya, kemasan produk yang bagus juga dapat menambah kesan yang lebih di mata para pengguna kalau dibandingkan dengan produk yang tidak menggunakan kemasan yang baik. Karena itulah warna, bentuk dan tampilan dari kemasan makanan itu sendiri harus dilakukan sebaik mungkin.
Fungsi & Manfaat Packaging Kemasan, dan Dus Makanan
Adapun fungsi dan manfaat packaging yang perlu anda ketahui untuk lebih mengerti efek dari penggunaan packaging terhadap penjualan anda, yakni sebagai berikut:
1. Sebagai Tempat Melindungi Produk Kita
Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat untuk produk yang ingin di jual. Menentukan besar dan kecilnya kemasan yang akan digunakan, mengetahui berat dan jenis produk yang akan ditempatkan dalam kemasan.
Kemasan makanan yang digunakan memudahkan dalam pendistribusian serta mampu melindungi produk di dalamnya agar tetap utuh. Mencegah dari dampak yang kurang baik dari luar, serta melindungi juga dari unsur mengganggu yang ada di dalam produk.
Misalnya seperti produk-produk yang memiliki aroma menusuk, atau produk yang berbahaya seperti air keras, gas beracun, dan yang lain sebagainya. Atau bisa juga produk yang bisa mempengaruhi warna dan aroma, maka dengan mengemas produk dengan baik tentunya dapat menjaga produk-produk lainnya.
2. Sebagai Identitas & Alat Komunikasi
Fungsi kedua adalah sebagai identitas maksudnya adalah tanda pengenal bagi si produk. Pada dasarnya banyak produk lain yang sejenis dan dijual bersamaan dengan produk yang anda miliki.
Maka disinilah peran kemasan dibuat, yakni membedakan produk anda dengan produk lain yang sejenis sehingga para pelanggan mengetahui bahwa produk yang ingin dibelinya adalah produk anda. Secara tidak langsung, kemasan produk dapat dijadikan media komunikasi dengan pra pelanggan.
Sebab pada kemasan tersebut menujukkan merk, gambar, maupun pesan yang akan menimbulkan rasa ingin tahu para pelanggan. Jadi, dengan adanya suatu kemasan akan memberikan informasi bagi para pelanggan yang hendak membeli produk anda.
3. Untuk Mempromosikan Produk
Manfaat kemasan makanan yang unik dan menarik, aman, serta memudahkan para pelanggan saat menggunakan produk anda dapat menjadi nilai jual. Maka dari itu, memperbaiki kemasan dapat mempengaruhi efek penjualan produk anda.
4. Kualitas Packaging dan Desain Kemasan Makanan
Penjelasan diatas merupakan beberapa fungsi dari penggunaan kemasan, Adapun cara meningkatkan packaging suatu produk secara tepat untuk meningkatkan kualitas kemasan anda sehingga lebih memikat para pelanggan dan meningkatkan penjualanan. Desain kemasan makanan juga merupakan elemen yang sangat penting. Desain makanan yang bagus tentunya memberikan kesan tersendiri untuk konsumen.
5. Memperkuat Identitas Brand
Sebagai branding dari produk, dalam konteks ini, packaging dapat digunakan untuk media informasi terhadap para pelanggan melalui label yang terdapat pada kemasan produk tersebut.
Nama Produk adalah brand produk yang ingin anda jual. Nama yang tepat sesuai dengan brand adalah nama yang unik, tidak terlalu panjang, mudah diingat, dan berhubungan dengan produk yang anda jual.
6. Media Informasi & Advertising
Sebagai media informasi dan advertising. Informasi, adalah memberikan sebuah informasi secara relevan melalui kemasan sehingga menambah tingkat kepercayaan pelanggan. Identitas merk, adalah kemasan anda sesuai dengan produk yang anda jual. Maka dari itu, pastikan membuat kemasan yang mudah diingat oleh para pelanggan.
Itulah beberapa penjelasan mengenai packaging kemasan makanan terhadap penjualan produk. Tentunya sekarang anda mengerti betapa pentingnya membuat desain suatu kemasan sangat berpengaruh dalam menarik para pelanggan untuk menggunakan produk milik anda.
Semoga dengan membaca ini, dapat berguna bagi anda dalam menentuan desain kemasan yang tepat bagi produk anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat 😀
Penulis: hansel.id
Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.