Suatu survey menunjukkan bahwa kepemimpinan menentukan 60% – 70% kesuksesan proyek dan kepemimpinan yang baik adalah apabila didukung oleh tim proyek yang efektif. Banyak kasus kegagalan proyek disebabkan oleh masalah kepemimpinan dan tim yang efektif dimana project manager tidak secara optimal dapat menjadikan tim nya menjadi tim yang efektif. Lalu apa saja ciri tim yang efektif?
Faktor kesuksesan proyek yang terbesar adalah kepemimpinan yang tentu dipengaruhi oleh kemampuan leadership project manager membentuk dan mengarahkan tim nya menjadi tim yang efektif dalam melaksanakan proyek. Tanpa tim yang efektif, project manager tidak akan mampu untuk mengendalikan proyek. Sehingga diperlukan suatu keahlian yang memungkinkan project manager dalam membentuk dan mengendalikan tim proyeknya untuk menjadi tim yang efektif.
Keahlian tersebut dimulai dari tahap awal pembentukan tim hingga selesainya proyek atau dapat juga dikatakan bahwa proses pembentukan tim dimulai berdasarkan proses pembentukan tim itu sendiri yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya (Terciptanya Teamwork yang Oke Karena Project Manager).
Lalu, bagaimana project manager dapat yakin bahwa timnya telah menjadi tim yang efektif? Dalam artikel ini disebutkan dan dijelaskan beberapa parameter yang menunjukkan ciri-ciri tim yang efektif. Ciri-ciri ini dapat dijadikan evaluasi bagi project manager dalam proses pembentukan dan pengembangan tim menuju tim yang efektif. Adapun ciri-ciri Tim yang Efektif adalah:
1. Sasarannya Jelas
Tim yang efektif harus memahami sasaran yang harus dicapai. Sasaran akan mendorong anggota tim mengarahkan ulang perhatian pribadi ke sasaran tim.
2. Keterampilan Relevan
Tim yang efektif haruslah terdiri dari anggota-anggota yang memiliki keterampilan dan kemampuan yang relevan baik keterampilan teknis maupun keterampilan antar-pribadi.
3. Saling percaya
Tim yang efektif bercirikan kepercayaan timbal balik yang tinggi di kalangan anggota, artinya anggota-anggota yakin akan integritas, watak, dan kemampuan satu sama yang lain. Organisasi haruslah menciptakan budaya yang penuh kepercayaan dengan menghargai keterbukaan, kejujuran, dan proses kerja sama dan yang mendorong keterlibatan karyawan serta otonomi karyawan.
4. Komitmen yang disatukan
Para anggota tim yang efektif menampilkan dedikasi dan loyalitas yang hebat terhadap timnya. Mereka rela melakukan apa saja yang harus dilakukan untuk menolong berhasilnya tim mereka.
5. Komunikasi yang Baik
Anggota-anggota mampu menyampaikan pesan-pesan satu sama lain yang gampang dan dimengerti dengan jelas baik verbal maupun lisan.
6. Keterampilan Negosiasi
Tim yang efektif cenderung bersifat fleksibel dan terus-menerus membuat penyesuaian. Fleksibilitas ini menuntut anggota-anggota tim untuk memiliki keterampilan negosiasi yang memadai.
7. Kepemimpinan yang Memadai
Pemimpin yang efektif dapat memotivasi suatu tim untuk mengikuti mereka menempuh situasi-situasi yang paling sulit dengan cara membantu memperjelas tujuan.
8. Dukungan Internal dan Eksternal
Maksudnya adalah iklim yang mendukung. Tim harus diberikan infrastruktur yang memadai seperti pelatihan, sistem pengukuran yang dimengerti oleh tim untuk mengevaluasi kinerja keseluruhan. Secara eksternal, manajemen harus memberikan sumberdaya yang dibutuhkan. Dapat juga membentuk iklim secara eksternal yang mendukung pekerjaan tim.
Ciri-ciri di atas dapat menjadi suatu checklist bagi project manager dalam melakukan evaluasi terhadap timnya dan menilainya agar menjadi bahan bagi project manager untuk meningkatkan efektifitas tim proyeknya. Agar aplikatif ciri-ciri tersebut dibuat dalam suatu tabel yang memberikan informasi sebagai berikut:
- Ciri-ciri tim yang efektif
- Parameter penjelas
- Skor
Sumber referensi: manajemenproyekindonesia.com
Sekian postingan kali ini, mudah-mudahan bisa membawa manfaat untuk kita semua dalam proyek. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media, dan untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini. Sekian dan terimakasih.